Friday, January 22, 2010

INFO : Jarak Galaksi Baru yang Paling Dekat dengan Sistem Galaksi

Tim peneliti yang dibentuk oleh astronom Perancis, Italia, Inggris dan Australia menemukan sebuah galaksi baru yang sedang berbenturan dengan sistem galaksi, ia adalah galaksi yang paling dekat jaraknya dengan pusat sistem galaksi hingga saat ini.

Galaksi baru ini karena berada pada bintang Anjing Besar, diberi nama galaksi Pendek Anjing Besar, ia lebih dekat jaraknya dengan sistem galaksi dibanding galaksi Pendek Sagitarius. Galaksi Pendek Sagitarius ditemukan pada tahun 1994, yang juga akan berbenturan dengan sistem galaksi. Temuan itu menunjukkan, bahwa sistem galaksi sedang melalui pencaplokan terhadap galaksi satelit yang kecil untuk membuat piring bundarnya sendiri.

Arus benda angkasa yang terkupas keluar dari galaksi Pendek Anjing Besar yang ditelan tidak saja membentuk lingkaran luar piring bimasakti namun mereka mungkin juga melintasi matahari melalui posisi yang jaraknya sangat dekat dengan matahari. Sejumlah sisa-sisa peninggalan galaksi Anjing Besar telah membentuk sebuah gelang yang mengelilingi bimasakti. Astronom memperkirakan, bahwa galaksi Pendek Anjing Besar telah mempersembahkan lebih kurang 1% materi pada sistem galaksi sekarang ini.


Sekarang, astronom percaya bahwasannya galaksi besar seperti sistem galaksi adalah melalui pencaplokan galaksi kecil di sekitarnya lalu berkembang hingga sedemikian besar seperti saat ini. Meskipun mereka pernah mendapati bahwa galaksi kecil yang ditelan telah memberi tambahan benda angkasa pada gelang bercahaya raksasa di sekitar galaksi besar, namun hingga saat ini baru diketahui bahwa piring dari galaksi pun juga dapat berkembang dengan cara demikian. Melalui komputer mengadakan analogi hasilnya menunjukkan, sistem galaksi terus menangkap benda angkasa melalui galaksi Pendek Anjing Besar sekaligus ditambahkan ke atas piring galaksi bimasakti, di masa yang akan datang juga akan terus berlangsung keadaan demikian.


(Sumber: Artikel Li Ming, Zhengjian.net, dokumen literatur: www. spaceflightnow. com, dan www.nature.com)
*

No comments:

Followers

Related Posts with Thumbnails